Jumat, 10 April 2015

Mengembalikan File/Folder yang Hilang Pada Flashdisk

Selamat malam sahabat blogger :)
Kali ini kami mau share sedikit nih, belakangan banyak teman yang mengeluhkan kalau file/foldernya di flashdisk hilang, padahal setelah dicek pada propertiesnya file/folder tersebut seharusnya masih ada. Apakah teman-teman juga pernah mengalami hal seperti ini? Jika mengalami hal seperti ini jangan khawatir karena file atau folder teman-teman sebenarnya masih ada dan belum terhapus, tetapi terhidden atau dalam istilah kami disebut super hidden karena tidak bisa dilihat walaupun telah mengaktifkan opsi show hidden pada windows explorer. File atau folder yang terhidden secara tiba-tiba biasanya dikarenakan oleh virus salah satunya yang paling sering yaitu virus shortcut.


Untuk mengembalikan file atau folder yang hilang kita dapat memanfaatkan perintah standar dari Windows, ATTRIB. Berikut tutorial atau cara untuk mengembalikan file atau folder yang hilang/hidden.
  1. buka Run Command dengan menekan tombol windows + r pada keyboard.
  2. Pada input open, ketikkan cmd. Kemudian tekan enter atau klik OK. 
  3. Setelah terminal command dos muncul, pergilah ke drive flashdisk teman-teman berada dengan mengetikkan <lokasi flashdish>:. Saya mengetikkan g: karena flashdisk saya berada pada drive g. Kemudian tekan enter.
  4. Sekarang ketikkan perintah attrib/? kemudian tekan enter. Untuk pengetahuan saja, perintah ini bertujuan sebagai pemandu, apa saja yang harus kita lakukan selanjutnya.

  5. Sekarang ketikkan perintah attrib -r -a -s -h /s /d kemudian tekan enter. Tunggu hingga proses selesai.

  6. Tarraaaaaa.. proses selesai :-D Jika file atau folder Anda sudah kembali terlihat, saya ucapkan selamat kepada teman-teman karena telah berhasil mengembalikan file atau folder Anda kembali :) tetapi jika belum terlihat coba ulangi lagi dengan seksama tutorial di atas. Semangat :-D
Jika tutorial ini bermanfaat, silahkan di share. Semoga bermanfaat  :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar